Sabtu, 16 Maret 2013

Hukum 80/20 dan Aplikasinya dalam Manajemen Hidup dan Waktu Anda


Hukum 80/20 dikenal dengan prinsip pareto, karena penemunya merupakan ekonom berkebangsaan Italia yang bernama Vilfredo Pareto, hukum ini ditulis pada 1895. Pareto menyadari bahwa orang-orang dalam masyarakat terbagi secara alami ke dalam apa yang disebut "berkuasa sedikit" yang hanya 20% dari seluruh masyarakat, mereka menguasai uang dan memiliki pengaruh dalam masyarakat, dan "sepele banyak," sebanyak 80%, merekalah yang dikuasai oleh “berkuasa sedikit”. Saat ini aturan 80/20 adalah salah satu yang paling bermanfaat dari semua konsep waktu dan manajemen kehidupan. Berikut ini adalah artikel yang akan menjelaskan bagaimana kita memanfaatkan hukum ini untuk manajemen waktu dan manajemen kehidupan kita.

Penemuan Besar
Kemudian pareto menemukan juga bahwa fenomena pembagian masyarakat 80/20 tersebut juga berlaku pada hampir semua kegiatan ekonomi. Sebagai contoh, aturan ini mengatakan bahwa 20% aktivitas Anda akan membuahkan 80% dari hasil Anda. 20% dari pelanggan Anda akan menyumbang 80% dari penjualan Anda. 20% dari produk atau jasa Anda akan menghasilkan 80% dari total keuntungan Anda. 20% dari tugas Anda akan mencapai 80% dari nilai apa yang Anda lakukan, dan sebagainya.
Ini berarti bahwa jika Anda memiliki daftar sepuluh hal yang harus dilakukan, maka dua diantaranya bernilai sebanyak atau lebih dari delapan hal lainnya manakala disatukan sekalipun.
Tugas yang Paling Bernilai Harus Didahulukan
Setiap tugas yang ada pada kita, atau tim kita, bisa saja menghabiskan waktu yang sama untuk penyelesaiannya, namun satu atau dua dari tugas-tugas tersebut memberikan kontribusi lima atau sepuluh kali lebih besar dibandingkan dengan tugas lainnya. Seringkali satu hal dari sepuluh hal yang harus, Anda atau tim Anda, lakukan memiliki nilai manfaat dan kontribusi lebih dari Sembilan hal lain meski disatukan sekalipun. Tugas yang semacam itulah yang seharusnya diprioritaskan oleh Anda supaya dilakukan terlebih dahulu.
Hal yang penting Anda ingat adalah, biasanya tugas yang Anda lakukan setiap hari seringnya terasa sulit dan kompleks, namun hasil dan manfaat yang dihasilkan darinya bisa sangatlah bernilai besar. Untuk alasan tersebut, Anda harus tegas menolak untuk bekerja pada tugas-tugas 80% yang tak penting, sementara Anda masih memiliki tugas-tugas 20% terpenting yang tersisa untuk dilakukan.
Sebelum Anda mulai bekerja, selalu tanyakan pada diri sendiri, "Apakah tugas ini 20% terpenting dari kegiatan saya atau 80% yang tak penting?"
Memulai
Bagian tersulit dari setiap tugas penting adalah memulainya untuk yang pertama kali. Setelah Anda benar-benar mulai bekerja pada tugas yang berharga, Anda biasanya secara alami akan termotivasi untuk melanjutkan. Ada bagian dari pikiran Anda yang suka menjadi sibuk mengerjakan tugas-tugas penting yang benar-benar dapat membuat perbedaan. Tugas Anda adalah untuk memberi makan bagian ini dalam pikiran Anda terus-menerus.
Mengelola Hidup Anda
Manajemen waktu adalah benar-benar manajemen pribadi, manajemen hidup Anda. Manajemen waktu dapat memberikan kontrol pada Anda atas urutan kejadian apa yang Anda inginkan vs Anda butuhkan. Manajemen waktu adalah control penuh atas apa yang Anda lakukan selanjutnya. Dan Anda selalu bebas untuk memilih tugas yang akan Anda lakukan selanjutnya. Kemampuan Anda untuk memilih antara penting dan tidak penting adalah kunci penentu keberhasilan Anda dalam hidup dan pekerjaan.
Orang produktif yang efektif mendisiplinkan diri untuk memulai tugas yang paling penting terlebih dahulu. Mereka memaksa diri untuk makan kesulitan/kemalasan/ketakutan itu, apa pun itu yang menjadi alasan orang untuk menunda sesuatu yang penting untuk dilakukan. Sebagai hasilnya, mereka menyelesaikan jauh lebih banyak daripada orang rata-rata, dan sebagai hasilnya mereka jauh lebih bahagia daripada orang rata-rata. Ini harus menjadi cara Anda bekerja juga.
Latihan dan Tugas untuk Anda
Buatlah daftar semua tujuan utama, kegiatan, proyek dan tanggung jawab dalam hidup Anda hari ini. Diantara daftar tersebut, manakah yang merupakan, atau bisa jadi merupakan 10% atau 20% yang terpenting, atau bisa menghasilkan 80% atau 90% dari hasil Anda?
Putuskan hari ini bahwa Anda akan menghabiskan lebih banyak dan lebih banyak lagi waktu Anda dalam bekerja hanya pada beberapa daerah yang benar-benar dapat membuat perbedaan dalam hidup dan karir Anda, dan hanya sedikit dan lebih sedikit lagi waktu untuk digunakan pada aktivitas bernilai rendah.
Terimakasih telah membaca artikel kami, silahkan memberikan komentar setelah Anda melakukan Latihan dan Tugas dari kami.

- BMW - Always Wishing You Success
follow: @MukhtarBMW
Facebook: Mukhtar Wijaya

Tidak ada komentar:

Posting Komentar