Kamis, 21 Maret 2013

Empat Prinsip Strategi Pemasaran

Terdapat empat kunci sukses dalam sales dan marketing (penjualan dan pemasaran). Empat kunci tersebut meliputi:

  1. Spesialisasi – Anda harus memiliki spesialisasi pada konsumen tertentu, atau daerah pasar tertentu. Harus jelas bagi Anda dan siapa saja yang berbisnis dengan Anda, bahwasannya hal ini merupakan area spesialisasi Anda.
  2. Diferensiasi – Untuk menjadi sukses dalam bisnis, Anda harus memiliki keunggulan kompetitif, daerah superioritas yang membuat Anda berbeda dan lebih baik daripada pesaing Anda. Keuntungan kompetitif anda harus menjadi sesuatu yang diinginkan serta dibutuhkan oleh pelanggan Anda dan yang terpenting mereka bersedia untuk membayarnya. Hal ini sering disebut Anda "penawaran nilai." Penawaran nilai adalah hal yang membuat Anda menjadi  "pemasok tunggal" bagi pelanggan Anda, yang telah Anda pilih untuk dilayani. Kadang-kadang diferensiasi ini disebut juga "area of excellence" Anda. Akhirnya, dalam diferensiasi, Anda memerlukan "Unique Selling Proposition" (Penawaran penjualan yang unik). PEnawaran penjualan yang unik adalah sesuatu yang Anda lakukan atau tawarkan dan tidak ada orang lain di dunia dapat menawarkan hal yang sama kepada pelanggan Anda. Seperti Jack Welch dari General Electric berkata, "Jika Anda tidak memiliki keunggulan kompetitif, Anda tidak dapat bersaing." Kemampuan Anda untuk mengembangkan keunggulan kompetitif, penawaran penjualan yang unik, merupakan kunci keberhasilan dalam bisnis Anda.
  3. Segmentasi - adalah proses mengidentifikasi pelanggan ideal Anda, pelanggan yang akan sangat menghargai produk atau jasa yang Anda spesialisasikan, dan juga cara produk atau jasa Anda menjadi lebih unggul disbanding yang lain.
  4. Konsentrasi - mengharuskan Anda memusatkan semua upaya penjualan, pemasaran dan bisnis Anda pada usaha menghubungi dan menjual pada para pelanggan yang tepat. Dimana pelamggan yang tepat adalah pelanggan yang paling bisa mengambil keuntungan dan kenikmatan dari produk / jasa yang Anda siapkan dan sajikan lebih baik daripada orang lain





Tidak ada komentar:

Posting Komentar